Abstrak
Hasil Pembelajaran Senam Lantai materi Guling Depan Kelas V Semester 2 di SD Negeri 3 Teluk Palinget
tidak tuntas, hal ini dapat dilihat dari nilai harian pembelajaran guling depan kelas V Semester 2 tahun
pelajaran 2021/2022. Kemampuan siswa dalam penguasaan gerak guling depan juga bisa dilihat dari nilai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 16% atau 4 siswa yang tuntas, sedangkan 84% atau 21 siswa
belum tuntas sesuai KKM yang ditetapkan SD Negeri 3 Teluk Palinget Kecamatan Selat Nilai ketuntasan
65. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode bantuan teman dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Teluk Palinget Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas
tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam pelaksanaannya
terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu,
perencenaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V
SD Negeri 3 Teluk Palinget Kecamatan Selat. Yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan
10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah unjuk kerja, tes dan pengamatan.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 siswa yang tuntas siswa atau 84% dan tidak tuntas 5 siswa atau
20% dan pada siklus 2 siswa yang tuntas 24 atau 96% dan tidak tuntas 1 siswa atau 4% dari siswa kelas
V sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disimpulkan melalui meteode bantuan
teman sebaya dalam pembelajaran senam lantai materi guling depan dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SD Negeri 3 Teluk Palinget tahun pelajaran 2021/2022
Judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Selat Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021
Penulis: Titin Suratmi, S.Pd.
Guru SDN 3 Teluk Palinget
Jurnal Lengkap:
Penerbit: Anthor Education and Learning Journal Vol. 1 No. 6 (2022): Volume 1 Nomor 6. Page: 294 - 393
0 comments:
Post a Comment