ABSTRAK
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Metode
Tutor Sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar IPA ? (b) Seberapa
tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran IPA dengan diterapkannya metode
Pembelajaran Metode Tutor Sebaya ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh
Pembelajaran Metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar IPA . (b) Ingin
mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah
diterapkannya Pembelajaran Metode Tutor Sebaya
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu:
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian
ini adalah siswa Kelas IX. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif,
lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I
(66%,), siklus II (76%), siklus III (93%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode Konstruktifistik
dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IX, serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative IPA.
Judul: Upaya Meningkatkan Prestasi
Belajar Materi Sistem Ekskresi Manusia Dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya
Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Selat
Tahun Pelajaran 2019/2020 Semester I
Penulis: Neny Rosanty, S.Pd.
Guru
SMPN 3 Selat
Jurnal
Lengkap:
Penerbit: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan DWIJA SUKOWATI, Vol. 3 No 2, 2021
0 comments:
Post a Comment